Wednesday, January 23, 2019

Makalah peran ilmu alamiah dan teknologi berserta dampak terhadap industri

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu. Tidak diragukan lagi kemajuan IPTEK telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dankenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
Pada sisi lain, pesatnya kemajuan IPTEK ternyata juga cukup banyak membawapengaruh negatif. Semakin kuatnya gejala “dehumanisasi”, tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan dewasa ini, merupakan salah satu oleh-oleh yang dibawa kemajuan IPTEK tersebut. Bahkan, sampai tataran tertentu, dampak negatif dari peradaban yang tinggi itu dapat melahirkan kecenderungan pengingkaran manusia sebagai homo-religousus atau makhluk teomorfis. Tak hanya itu IPTEK juga bisa mendatangkan malapetaka dankesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.
Perbudakan dan penjajahan di North America, Asia dan Afrika hanya memungkinkan melalui dukungan IPTEK. Perkembangan iptek di Eropa Barat membuahkan revolusi industri yang menindas kelas pekerja dan yang melahirkan komunisme. Produksi weapons of massdestruction, baik kimia, biologi ataupun nuklir tentu saja tidak bisa dipisahkan dari IPTEK, belum lagi menyebut kerusakan ekosistem alam akibat dari kemajuan iptek.


B.    Rumusan Masalah
1.       Bagaimana peranan ilmu alamiah dan teknologi?
2.       Bagaimana dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap industri?

C.    Tujuan
1.     Untuk mengetahui peranan ilmu alamiah dan teknologi.
2.     Untuk mengetahui dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap industri.

D.    Manfaat
1.     Kita dapat mengetahui bagaimanan peranan ilmu alamiah dan teknologi.
2.     Kita dapat mengetahui dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap industri.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Peranan Ilmu Alamiah Dan Teknologi
Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam  semesta yang ada dalam muka bumi ini. Teknologi adalah inovasi baru pada era sekarang dengan keunggulan-keunggulannya serta manfaatnya. Teknologi juga disebut keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Terbentuknya Ilmu alamiah pastinya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri untuk kita pelajari, Dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Untuk mendukung pembelajaran ilmu alamiah. Teknologi sangat berperan penting dalam hal ini untuk mempermudah pembelajaran.
Ilmu alamiah juga memiliki hubungan yang erat dengan Teknologi dalam peranannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi, telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran pengetahuan semakin tinggi. Teknologi yang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia dan menimbulkan perubahan yang sangat mendasar dalam tatanan hubungan antar bangsa ini yang lebih banyak dikendalikan oleh negara-negara maju, serta hubungan kerja sama yang terus meningkat terasa kurang seimbang.
Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapanya berupa teknologi dalam berbagai bidang. Misalnya, sejak dalam kandungan manusia terdapat perawatan secara medis melalui pemeriksaan berkala di BKIA (balai kesejahteraan ibu dan anak) atau puskesmas. Setelah lahir, mendapat vaksinasi untuk memperoleh kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, jika sakit mendapat pemereiksaan dokter dam memperoleh obat, dan sebagainya. Ilmu kedokteran dan ilmu farmasi merupakan cabang dari biologi sebagai ilmu terapan. Pakaian, jam tangan, pensil, atau pulpen yang kita pakai adalah hasil dari tekologi. Ilmu alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni  dapat dikembangkan ilmu terapan. Sebaliknya, teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuanya kepada prinsip atau hokum-hukum baru dan seterusnya.
Memang, pada mulanya antara ilmu alamiah dan teknologi itu tidak selalu mempunyai kaitan, misalnya manusia membuat perahu untuk memenuhi kebutuhanya dan belum mengenal teknologi membuat perahu. Namun dalam zaman modern ini untuk dapat membuat kapal orang harus menguasai ilmu murni, hukum Archimedes, kontruksi baja, dan sebagainya agar kapal tidak tenggelam dan dapat mengarungi lautan.

1.   Materi
Seperti yang telah dikemukakan bahwa manusia dalam hidup ini memerlukan materi, baik yang biotis maupun non biotis. Materi biotis dari bahan benda hidup berupa protein, sedangkan materi non biotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Benda-benda itu merupakan hasil olahan dari teknologi, misalnya materi dari zat besi dapat menjadi kendaraan atau benda lainya.

2.   Energi
Dalam kehidupan manusia modern, pengguna energi semakin meluas kecuali dalam industri dan transportasi, juga menyangkut dalam rumah tangga, mulai dari kompor sampai pengguna energi listrik untuk AC (air conditioned). Energi berwujud dalam berbagai bentuk yakni dalam bentuk panas, gerak (mekanik), cahaya, kimia, energi nuklir, dan sebagainya.disamping itu, energi dapat berubah-ubah bentuk. Energi dalam bentuk pasas, misalnya dapat berubah menjadi energi bentuk lain yakni energi mekanik. Perubahan ini terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap. Uap panas mengembang bertekanan tinggi menggerakan baling-baling suatu turbin. Gerakan turbin ini dapat digunakan untuk bermacam- macam keperluan. Energi mekanik dapat juga berubah menjadi bentuk energi lain, yaitu energi listrik, dimana akibat pemutaran dynamo akan dihasilkan aliran listrik. Energi listrik dapat pula menjadi energi cahaya atau berubah menjadi energi kimia. Aliran listrik dapat memijarkan bola lampu listrik dan menghasilkan cahaya. Dari aliran listrik dapat pula dirubah menjadi energi kimia, yaitu dengan cara mengalirkan aliran listrik searah kedalam zat kimia, misalnya dalam penyepuhan. Energi kimia dapat berubah menjadi energi listrik kembali atau dapat berubah menjadi energi cahaya  atau menjadi energi panas. Energi kimia yang berasal dari batu baterarai kita alirkan kebola lampu maka terbentuklah energi cahaya. Energi kimia dapat menjadi energi panas dan cahaya, misalnya pada ledakan petasn.

3.   Mesin
Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin dan mesin itu dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai. Seperti mesin premium, mesin diesel, mesin uap, dan mesin jet.

4.   Komunikasi
Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Untuk itu, ilmu alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan kepada kita semua seperti media cetak, telegrafi, telepon, radio, dan televisi.
Dunia pada tahun 1962 dikejutkan oleh penemuan baru berupa siaran TV dan radio melalui angkasa luar atau tegasnya melalui satelit buatan. Dengan komunikasi melalui satelit ini, maka hubungan manusia seluruh dunia menjadi makin mudah.

5.   Bioteknologi
Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi modern sehingga tercipta ilmu baru yang disebut dengan bioteknologi dan terkadang ada yang menyebut biomasadepan. Beberapa ahli dan badan internasional memberikan batasan bioteknologi sebagai :
a.       kegiatan menitik beratkan pemanfaatan aktifitas biologi  dalam lingkup teknologi proses dan produksi secara besar-besaran dalam industri  yang dikaitkan dengan produksi masal.
b.       Pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan kerekayasaan terhadap jasad, system atau proses biologi untuk memproduksi benda hidup, benda mati, atau jasad bagi kepentingan manusia. Dalam perkembangan lebih lanjut, lahirlah bioteknologi kedokteran, bioteknologi farmasi, bioteknologi pertanian, bioteknologi peternakan dan sebagainya.

B.    Dampak Teknologi Terhadap Perkembangan Industri

Dampak atau efek dari ilmu alamiah dan teknologi yang telah dikembangkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga lebih mudah dan menyenangkan dan bersifat negatif karena menimbulkan akibat sampingan. Akibat negatif itu apabila dibiarkan akan membawa malah petaka. Oleh karena itu, manusia setelah mengetahui beberapa hasil ilmu alamiah dan teknologi, mencoba mengatasi juga dengan ilmu alamiah dan teknologi yang baru.
Manusia membutukan berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhannya. Kemudian, dengan kemampuan berpikir manusi menciptakan mesin-mesin untuk membuat barang-barang itu lebih baik dan lebih cepat. mesin-mensin hasil ilmu alamiah dan teknologi itu banyak membantuh manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya, tetapi setiap kali ada keuntungan  ternyata selalu ada kerugian nya. maka, bila manusia  tidak berhati-hati dalam menggunakan mesin-mesin industri akan membawa dampak negatif berikit ini beberapa contohnya. Dalaam industri terdapat tiga komponen, yaitu masukan ( input ), proses, dan hasil ( output ). Dari segi masukan, industri mempunyai  dampak negatif.
Misalnya, suatu industri  pembuatan kayu lapisan membutukan bahan baku berupa kayu gelondongan  sebesar satu ton  setiap hari maka  si pengusaha selalu berpikir akan adanya persidiaan kayu sebanyak itu setiap  hari agar perusahaannya memperoleh keuntungan. Yang sering terjadi adalah pengolahan bahan baku itu tidak atau kurang  memperhatikan  batas-batas toleransi sumber daya alam hutan di mana kayu itu berasal sehingga terjadi kerusakaan lingkungan, khususnya sumber daya alam hutan itu.
Pada saat proses, terjadi kebisingan-kebisingan di dalam penggergajian maupun  pemotongan- pemotongan kayu. Yang sering terjadi adalah pihak perusahan lupa akan pengaruh buruk kebisingan itu terhadap  para pekerja dalam pabrik maupun manusia di sekitarnya. Kebisingan itu dapat menimbulkan pendengaran kurang peka dan daya tangkap otak manusia mengalami kemuduran .
Dari segi proses pun terjadi hasil-hasil samping maupun buangan pabrik yang pada umumnya kurang begitu di hiraukan pembuangannya. Buangan ini di tumpuk begitu saja di luar pabrik sehingga membusuk atau dibakar. Kedua tindakan itu merupakan sumber polusi baik polusi tanah,ari, maupun udara.
Dari komponen hasil, dampak ilmu alamiah dan teknologi pada umumnya adalah positif, meskipun kadang-kadang tampak dampak sosial yang negative juga. Misalnya, terdapat kecenderungan penggunaan hasil industri tidak efisien karena harganya  murah. Pada industri-industri kimia lain yaitu industri asam sulfat, soda, dan sebagainya sangat berbahaya bagi lingkungan sekeliling, jika limbah itu dibuang langsung tanpa mengindahkan peraturan-peraturan yang berlaku. Di negara-negara maju telah ada peraturan atau perudangan-perudangan yang menetapkan syarat-syarat limbah industri yang dapat dibuang kesungai, laut, maupun ke udara. Di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, telah memiliki peraturan  semacam itu juga oleh karena itu, kita mengharapkan  pembuangan limbah industri yang tampaknya semakin meningkat pada masa pembangunan saat ini tidak akan membawa pengaruh negatif.                    
  

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Ilmu Pengetahuan dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan kita tentang IPTEK serta perkembangannya dari waktu ke waktu, lebih jauhnya penyusun berharap dengan memahami IPTEK kita semua dapat menyikapi segala kemajuan dan perkembangannya sehingga dapat berdampak positif bagi kehidupan kita semua.
Guna mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dalam memasuki era kesejagadan, yang salah satunya ditandai dengan sarat muatan teknologi, salah satu komponen pendidikan yang perlu dikembangkan adalah kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar.
Bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu alamiah dan teknologi dimana kami diberi kesempatan untuk membahas masalah ilmu alamiah dan teknologi juga memahami bagai mana dampak teknologi bagi industri yang mana bisa membahayakan lingkungan kita.
Kemampuan-kemampuan seperti memecahkan masalah, berpikir secara alternatif, menilai sendiri hasil karyanya secara tidak langsung sudah merupakan upaya pencegahan terhadap dampak teknologi.
Untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek dengan pengajaran imtaq. Sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas.
Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.
Manusia membutuhkan berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhannya. Kemudian, dengan kemampuan berpikir manusi menciptakan mesin-mesin untuk membuat barang-barang itu lebih baik dan lebih cepat. mesin-mensin hasil ilmu alamiah dan teknologi itu banyak membantuh manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya, tetapi setiap kali ada keuntungan  ternyata selalu ada kerugiannya. maka, bila manusia  tidak berhati-hati dalam menggunakan mesin-mesin industri akan membawa dampak negatif.
Akibat dampak negatif itu apabila dibiarkan akan membawa malah petaka. Oleh karena itu, manusia setelah mengetahui beberapa hasil ilmu alamiah dan teknologi, mencoba mengatasi juga dengan ilmu alamiah dan teknologi yang baru.

B.    Saran
Demikian penulisan makalah ini semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman mahasiswa, kami dari kelompok VI (enam) menyadari masih banyak kekurangan-kekurangna dalam makalah ini, kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.



DAFTAR PUSTAKA

ü  http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
untuk kopi ke word agar tidak hitam  clear all formatting di word home

2 comments


EmoticonEmoticon